Rabu, 21 Desember 2011

Tentang Mama

Hari ini, 22 Desember. Hari ibu.
Gue diam, sejenak berpikir.
Hal apa aja yang udah gue lakuin buat bikin nyokap bahagia.
Di pikir-pikir belum ada sih...
Gue malu sama diri sendiri.

Gue emang nakal sedari kecil, emang keras kepala, orang tua gue sendiri yang bilang.
Tapi makin gede, gue makin sadar diri.
Gue mau nyoba jadi romantis di hari ibu ke nyokap.
xixixi
Tapi ga bisa, gue udah rencanain bakal beli bunga tapi mikir cara buat ngasihinnya gue gak tahu.
Masa sih gue tinggalin di depan kamarnya ..
Bukannya apa, nyokap gue bukan tipe-tipe ibu yang nunjukkin perhatian ke anaknya secara langsung.

Akhirnya gue nemuin cara buat ngungkapin rasa sayang gue ke nyokap, lewat bbm :D
Gue kirim puisi buatan gue ke nyokap, beserta kalimat "Selamat hari ibu, mah :)"
Gue gak tenang, menunggu D menjadi R....
Dan beginilah balesan nyokap gue,
Amin mah, terima kasih doa-nya :')
Kita berusaha mah untuk mewujudkan keinginan mamah..

Dan gue mau cerita kenapa gue milih ngucapin lewat bbm daripada langsung.
Ibuku itu....
Cuek, Ibu gue ga pernah (jarang) nunjukkin perhatiannya secara langsung.
Dia gak bisa jadi temen gue atau sahabat gue kayak orang-orang lain yang bisa cerita sama ibu-nya, gue enggak.
Beliau sendiri yang bilang "Mamah gak bisa jadi teman kamu atau sahabat kamu, kalau kamu mau cerita sana aja cerita sama temen-temenmu"
Dia gak pernah naggepin omongan gue kalo cerita tentang apapun, kalo pun ditanggepin pasti negative.
Misalnya "Mah nilai ulangan Bahasa inggrisku 100 mah, bener semua" Gue cerita didalam mobil dengan muka sumringah.
Beliau jawab "Kalau nilai matematikamu yang bener semua bolehlah kamu seneng"
Bikin gue down.
Tapi justru kata-katanya itu yang selalu bikin gue tertantang.. Ya walaupun ulangan matematika gue jarang bener semua hehehe

Dulu pas gue kelas 1 smp, gue pernah bikin nangis beliau.
Jadi ceritanya dulu gue dijambi, bokap gue dinas di papua.
Nah, nyokap gue ini orangnya gak bisa handle masalah dirumah, dikit-dikit lapor ke bokap.
Bokap gue sakit jantung, bapak pernah bilang "Janganlah nakal-nakal, jantung bapak ini sakit tiap denger kelakuanmu itu"
Gue berantem sengit sama nyokap, gue bilang "gara-gara mama, bapak sakit jantung"
Ibu gue nangis, gue nyesel.
Mulut gue emang perlu di gembok kali.
Gue nyesel dan masih nyesal sampe sekarang pernah bikin Mama nangis.

Kebiasaan lucu Mama itu, Ketawa sebelum cerita.
Misalnya dia cerita "kemaren ya si itu huehehehehe" Beliau udah ketawa ga karuan duluan sebelum cerita selesai.
Ntar bokap gue bilanng "selesaikan dulu ceritanya mah baru ketawa, gak ngerti ini"
terus muka nyokap gue langsung cemberut sambil bilang "gimana sih"

Mama juga gak kaya ibu yang lain, dia gak suka nanya gue ada masalah secara langsung ke gue.
Paling ke adik gue "Dek, itu kenapa kakak nangis?" Nanya ke adik tengah gue, "putus cinta". Mama langsung diam.
Terakhir kali dia ngelus rambut gue mungkin pas gue SD, pas gue kutuan.
Dan nyuapin gue makan itu pas masih gue SMP, pas gue demam.
Kenangan yang paling gue inget sampe sekarang dengan jelas itu pas gue masih di Sampit, kalimantan tengah.
Umur gue masih 4 tahun, Mama ngajarin gue doa al-fatihah sampe gue hafal. Kaya di sinetron.
Gak pernah ada perlakuan kasih sayang "nak ayo makan" gak gak. Ibu gue ga gitu.
Tapi gue tahu, beliau sayang sama anak-anaknya.
Gue pernah marah ke Mama dan bilang "Mama tuh ga tau apa-apa ya jadi jangan sok tau. Mama gak kaya mama teman-temanku" Pas nilai uts gue jelek.
Mama bilang  "nenek dulu juga gak pernah perhatian ke anak-anaknya, tapi kita bisa jadi orang sukses"
Gue bilang lagi "Nenek anaknya 13, mama cuma 3" Nyokap gue diem.

Banyak banget kesalahan gue, gue anak durhaka.
Tapi Mama selalu memaafkan.
Gue gak sadar diri, kasih ibu menyadarkan.
Ibuku sayang, Ibuku malang...
malangnya punya anak sepertiku, yang bisa membuatmu bersedih, belum bisa membahagiakanmu.
Seumur hidupku, kuhabiskan untuk berpikir untuk membuatmu bahagia dan bangga akan diriku.
Selamanya ku habiskan diri untuk memperbaiki sikap kepadamu.
belajar untuk memelankan suaraku, tak melebihi kerasnya suaramu.
mencoba tak membantah ketika disalahkan, walau Kau tahu aku tak pernah suka disalahkan.
untuk menunduk saat sedang dinasehati.
Kau tahu itu tak mudah.
kau tahu, kau tak sama dengan ibu teman-temanku.
Tapi itu tak masalah, aku anakmu dan Kau ibuku.

Pergi ke kantor pagi hari, pulang sore.
Bilang tak ada waktu untuk memusingkan urusan rumah. Kami mengerti, mencoba mengerti.
Yang harus Mama tahu adalah, Kami sayang padamu...
Tak mudah mengucapkan secara langsung, berharap hanya untuk kau tahu...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar